Minggu, 11 November 2012

Nashoihul 'Ibad Penuh Dengan Nasihat

Nashoihul 'Ibad berarti nasihat-nasihat bagi para hamba, adalah kitab karya Syekh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Jawi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Imam Nawawi Albantani rahimahullah (ra). Kitab ini berisikan hadis Nabi shollallahu 'alaihi wasallam (saw), ucapan para sahabat rodiallahu 'anhum (ra), dan ucapan para ulama dan solihin.

Dalam mukadimahnya, Syekh Nawawi ra menyebutkan bahwa kitab ini adalah sebuah syarah (penjelas) yang disiapkan beliau untuk menjelaskan sebuah kitab yang berisi berbagai nasihat, karangan Al-Allamah Al-Hafizh Syekh Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad Ast-Syafii, seorang ulama termasyhur dengan gelar Ibnu Hajar Al-Asqolani, kemudian Al-Mishri.

Kitab ini sangat masyhur (terkenal) di Indonesia karena hampir diajarkan ditiap-tiap pondok pesantren dan madrasah. Namun mungkin masih banyak di kalangan umum yang belum mengetahui isi kitab ini. Saya sudah pernah mencoba mencari diinternet tentang seluruh isi kitab ini namun belum ada yang mempostingnya secara utuh. Untuk itu saya mencoba untuk menuliskan seluruh isi kitabnya di web ini, karena alhamdulillah kebetulan saya sudah punya buku terjemahnya.

Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua di dunia dan akhirat, amiin...

3 komentar:

  1. blog ini sangat bermnpaat buat aku. Makasi.

    BalasHapus
  2. makasih atas terjemahnya... jazakumullahu ahsanal jaza

    BalasHapus
  3. Makasih atas terjemahanya,,ini sngt bermanfaat bagi saya

    BalasHapus