Minggu, 25 November 2012

[2] 10. Bangga dengan Kesalahan dan Bersedih dengan Ketaatan

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh sebagian ahli Zuhud berikut ini :

"Barangsiapa yang merasa bangga dengan perbuatan dosanya, maka Allah akan melemparkannya ke dalam neraka dalam keadaan ketakutan. Dan barangsiapa bersedih (khawatir) terhadap ketaatan yang dilakukannya, maka Allah akan memasukannya ke dalam Surga dalam keadaan bahagia."

Ahli Zuhud adalah orang-orang yang mebuang jauh-jauh (tidak mementingkan lagi) segala urusan duniawi. Mereka memanfaatkan dunia hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhannya saja, tidak lebih.

Hadits tersebut di atas menunjukkan bahwa barangsiapa yang merasa bangga dengan berbuat dosa, merasa senang dengan perbuatannya itu meskipun harus menanggung dosanya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam neraka, sedang ia dalam keadaan sangat ketakutan. Karena ia seharusnya bersedih dan menyesali perbuatannya itu seraya memohon ampun kepada Allah swt. agar dosanya diampuni.

Dan barangsiapa yang berbuat ketaatan disertai perasaan sedih karena takut kepada Allah karena telah meremehkan apa yang telah diwajibkan-Nya, maka ia akan memasuki surga dengan penuh kebahagiaan. Orang yang seperti ini berarti ia telah melakukan dua kebajikan, yaitu ketaatan itu sendiri dan penyesalannya atas dosa yang telah diperbuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar