Rabu, 14 November 2012

[2] 1. Iman dan Kepedulian Sosial

Nabi saw bersabda : 

"Ada dua perkara yang tiada sesuatu pun melebihi keunggulannya, yaitu : Iman kepada Allah dan membuat manfaat untuk kaum muslimin."

Nabi saw bersabda : "Barangsiapa bangun di pagi hari tidak berniat aniaya kepada seseorang, maka diampuni dosanya yang dia perbuat. Dan barangsiapa bangun di pagi hari dengan niat menolong orang yang dianiaya dan mencukupi kebutuhan orang muslim, maka memperoleh pahala seperti pahala haji mabrur."

Nabi saw bersabda : "Hamba-hamba yang paling dicintai Allah ta'ala adalah orang yang paling bermanfaat untuk manusia, perbuatan yang paling utama ialah memasukkan (menghadirkan) rasa senang ke dalam hati orang mukmin berupa menghilangkan kelaparan, menyingkap kesulitan, dan membayar utangnya. Dan dua hal yang tiada sesuatu pun melebihi jahatnya ialah menyekutukan Allah dan mendatangkan bahaya kepada kaum muslimin."

Membahayakan orang-orang muslim dapat berupa membahayakan badan dan hartanya. Segala perintah Allah swt mengacu pada dua perkara, yaitu mengagungkan Allah swt dan kasih sayang kepada mahluk-Nya, sebagaimana firman Allah: "Tunaikanlah shalat dan bayarlah zakat".
Dan firmannya: "Hendaklah engkau bersyukur kepada-Ku dan berterima kasih kepada kedua orangtuamu."

Diriwayatkan dari Al-Qarni, beliau berkata: Aku berjumpa dalam suatu perjalanan dengan seorang pendeta, lalu aku bertanya kepadanya: Wahai Pendeta! Perkara apakah yang menaikan derajat seseorang?
Pendeta itu menjawab: Mengembalikan hak-hak orang lain yang dianiaya olehnya dan meringankan punggung dari tanggung jawab, karena amal perbuatan hamba tidak akan naik (ke sisi Tuhan), jika dia masih mempunyai tanggungan atau dia berbuat zalim.

1 komentar: