Selasa, 27 November 2012

[2] 13. Keinginan Ahli Makrifat dan Ahli Zuhud

Sebagaimana yang diterangkan dalam sebuah pernyataan berikut ini :

"Keinginan ahli makrifat itu adalah memuji,sedang keinginan ahli zuhud itu adalah berdoa, kerena keinginan orang yang arif adalah untuk mendapatkan pahala Allah, sedang orang yang zuhud  adalah kemanfaatan dirinya."

Orang yang arif menghabiskan hari-harinya untuk mengagungkan sifat-sifat Allah swt. Sedang orang yang zuhud (meninggalkan segala bentuk urusan dunia), itu selain berdoa, ia juga senantiasa mendekatkan dirinya kepada Allah demi untuk mendapatkan kebaikan dari-Nya.

Orang yang arif tidak pernah memikirkan pahala dan surga yang akan didapatnya, ia hanya memikirkan tentang keagungan Tuhannya. Sedang orang yang zuhud itu selalu mencari untuk kemaslahatan dirinya sendiri, yaitu pahala dan surga. Jadi, perbedaan antara keduanya itu, jika zuhud tujuannya tidak lain bagaimana caranya ia bisa mendapatkan bidadari. Sedangkan tujuan orang yang arif itu adalah bagaimana caranya agar ia terhindar dari segala bentuk penghalang (tirai).

1 komentar:

  1. Slots - Casino | Mapyro
    We have over 2000 slots 경주 출장안마 machines. There 익산 출장마사지 is a total 거제 출장안마 of 수원 출장마사지 15,000 to 15,000 slots at each slot machine. 파주 출장샵 At Slots.com, the best slot machine is Blackjack.

    BalasHapus